Video Labuhan Merapi, Sleman, 2009

Sunday, April 22, 2012

Video Labuhan Merapi, Sleman 2010

Video Labuhan Merapi di Sleman, yang berlangsung pada 24 Juli 2009, itu adalah slideshow foto dengan audio ini pertama saya.

Saya buat dengan panduan dari kawan Dwi Kurniawan, seorang fotografer yang hampir lulus dari jurusanKomunikasi UGM. Saya baru menyelesaikan video tersebut Sabtu kemarin (21 April 2012), di rumah Dwi.

Saya rekam materi audio pada saat ritual berlangsung di pos Sri Manganti, atau Pos Rudal, jalur mendaki Gunung Merapi dari sisi Selatan (Sleman). Kini jalur pendakian tersebut sudah tidak ada lagi, terkena awan panas dari erupsi Gunung Merapi pada 26 Oktober 2010.

Dua orang pelaku ritual tersebut, yang saya kenal, Mbah Pujo, dan istri, wafat terkena terpaan panas erupsi gunung itu. Saya sempat melihat almarhum Mbah Pujo terbaring koma di Rumah Sakit Bethesda. Video itu kenangan pribadi saya untuk mereka.

Pada tahun 2009 tersebut, untuk pertama kali Mbah Maridjan tidak memimpin labuhan. Diganti oleh salah satu putranya, Asihono.

Semoga menjadi pelajaran.

You Might Also Like

2 comments

  1. keren videonya kak..
    labuhan merapi tahun ini kapan kak..

    ReplyDelete
  2. Wah, biasa saja.
    Maaf, belum ada info saya untuk labuhan merapi tahun ini.

    ReplyDelete