Safari Ramadan di lereng Merapi Mapala Unisi 1433H

Monday, August 06, 2012

Safari Ramadan di lereng Merapi Mapala Unisi 1433H

Saya beruntung bisa ikuti agenda Safari Ramadan yang dibuat Mapala Unisi pada Senin, 30 Juli 2012, di Masjid Baiturrahman, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Safari Ramadan adalah agenda silaturahmi ke masjid-masjid berbagai wilayah perkampungan yang sudah biasa dikunjungi Mapala Unisi. Biasanya, di empat lokasi di lingkar Gunung Merapi.

[caption id="" align="alignnone" width="600" caption="Safari Ramadan Mapala Unisi di Masjid Baiturrahman, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, 2012"][/caption]

Kegiatan Safari Ramadan Mapala Unisi berisi ramah tamah, buka puasa bersama warga, menyimak ayat suci Quran, hingga tausiyah alias ceramah.

[caption id="" align="alignnone" width="600" caption="Panitia perempuan Mapala Unisi, Wrenda Nindia Anjani, 2012"][/caption]

Berangkat dari posko Mapala Unisi di Jalan Cik Di Tiro 1 Terban, sekitar 16.30 WIB, dengan mobil Trooper salah seorang anggota, bertiga. Kami mampir dulu untuk ambil makanan di Jalan Kaliurang Km 6, dan mengangkut anggota lainnya di Km 14,5, depan boulevard kampus UII. Mobil terisi penuh, karena penumpang bertambah enam orang.

[caption id="" align="alignnone" width="600" caption="Sejak 1974"][/caption]

Macetnya jalan di Jalan Kaliurang bawah, ditambah lokasi Safari Ramadan yang tidak kami tahu persis, membuat kami tiba di masjidnya 10 menit setelah azan maghrib. Syukurlah, ada yang bawa dua gelas plastik es buah, untuk kami berbuka di jalan. Bagi semua orang di dalam mobil, dua gelas itu cukup. Di sini kebersamaan sangat terasa.  Tak ada yang egois.

[caption id="" align="alignnone" width="397" caption="Pembawa Acara, Lulut Hening P"][/caption]

Selepas shalat witir, sesi utama Safari Ramadan dimulai. Dibuka dengan pembacaan ayat suci Quran, sambutan ketua panitia, sambutan ketua Mapala Unisi, sambutan Dukuh Palemsari (dari pedukuhan yang semua warganya mengungsi, karena daerahnya disapu erupsi Gunung Merapi), lalu tausiyah.

[caption id="" align="alignnone" width="397" caption="Ketua Panitia, Yandi Anzari"][/caption]

Saya menikmati energi dari warga pengungsi dari Palemsari, yang kini pindah ke perkampungan yang berjarak sekitar 1 kilometer lebih rendah dari asalnya. Ada wajah-wajah yang dahulu biasa saya lihat, saat sekadar mencari udara segar di kampung teratas sisi Selatan Gunung Merapi. Betapa mereka berserah, namun tetap semangat berkarya.

[caption id="" align="alignnone" width="600" caption="Pembaca Quran, Angga Septiawan"][/caption]

Setelah tausiyah, kami berjabat erat dengan warga. Saling memberi semangat.

[caption id="" align="alignnone" width="600" caption="Pemberi Tausiyah, Khoirul Ikhwan, dari Palembang"][/caption]

Kami turun pukul 22.00 WIB. Setelah merapikan masjid dari sisa-sisa acara.

[caption id="" align="alignnone" width="600" caption="Warga Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, 2012"][/caption]

Dalam hati berharap, masih bisa jumpa lagi.

[caption id="" align="alignnone" width="600" caption="Kepala Dukuh Palemsari (Umbulharjo), Muhaimin"][/caption]

Take nothing but pictures.

[caption id="" align="alignnone" width="397" caption="Ketua Mapala Unisi, Hendrik Novero, 2012"][/caption]

 

You Might Also Like

4 comments