Tukang Iklan harus memilih

Friday, July 24, 2015

Tukang Pos www.heruls.net
Halaman OLX Tukang Iklan
Jadi aku butuh ruang lebih di rumah untuk diisi, dan butuh uang untuk mengisi ruang lebih di dompet. Kombinasi kebutuhan yang membuatku menjadi tukang iklan dari barang-barang bekas pribadi di beberapa media online, dan terkadang barang milik orang lain.

Sebelumnya aku sudah pernah pasang iklan di beberapa media online, seperti situs Bursa Fotografer Net, dan situs Forum Kaskus. Nah, yang paling baru sekarang ini adalah aku pasang iklan di situs OLX.co.id. Yang menarik dari iklan mereka adalah kata-kata "Kalau bisa jadi duit, kenapa nggak". Hmmm, iya juga sih.

Semua situs jual beli, atau situs apapun yang menyediakan ruang untuk orang beriklan, punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga kita akan diajak untuk menjadi pemasar, memilih pasar yang tepat untuk menempatkan barang dagangan, kita jadi berpikir, untuk barang tertentu sebaiknya diiklankan di situs yang mana. Meski bisa dan tidak ada salahnya barang yang sama diiklankan di banyak situs, ketika bicara aspek efisiensi tukang iklan harus memilih.

Aku memilih menempatkan barang-barang yang terkait fotografi di Bursa Fotografer Net, barang-barang tanpa kriteria khusus di Forum Kaskus, dan belakangan buku-buku bekasku di OLX.co.id.

Baru kemarin aku mulai mengiklankan buku-buku di OLX, memang belum dapat respon. Nah, menurutku, kelebihannya OLX ini adalah (1) menyarankan untuk menggunakan metode ketemuan untuk bertransaksi, alias Cash On Delivery (COD), atau ada barang ada uang. Sebuah metode yang konvensional di era online ini.

Kelebihan tersebut hanya soal sudut pandang saja, yakni berpihak kepada sudut pandang pembeli yang ingin memastikan barang tersebut benar-benar eksis dan penjualnya bisa dipercaya. Sudut pandang ini masih cukup dominan bagi sebagian pembeli Indonesia yang melihat iklan barang yang hendak dibelinya dari media online.

Yah, itu imbas dari masih terjadinya beberapa penipuan online. Selama masih terjadi pembeli sudah mentransfer uang tapi barang tidak kunjung datang, tapi barang datang dengan kondisi tidak sesuai iklan, tapi barang datang namun bukan seperti yang dipesan, yah metode COD masih akan dipercaya.

Adapun beberapa situs iklan jual beli lainnya, ada yang mensyaratkan transaksi harus menggunakan sistem rekening perantara miliknya, seperti Bukalapak, ada juga yang mempersilakan pedagang dan pembeli memilih, transaksi langsung di antara mereka, atau memakai fasilitas rekening bersama seperti Forum Kaskus, dan Bursa Fotografer Net yang kugunakan juga.

Kelebihan lain OLX (2) adalah karena tidak terlalu banyak distraksi (pengalih perhatian) tautan untuk menuju halaman lain pada halaman barang yang diiklankan, ya relatif bersih. Menurutku kebersihan ini penting. Sementara kalau di forum, jelas ada banyak distraksi tidak cuma untuk ke produk-produk iklan lain, namun juga ke kanal-kanal forum yang lain.

Sementara ini dulu mengenai tukang iklan harus memilih. Aku sadar betul mengenai beberapa kekurangan dari setiap situs untuk beriklan. Untuk kekurangan itu, biarlah engkau temukan sendiri nanti ketika engkau sudah mencobanya.

Silakan tulis dikomentar kalau engkau tahu kekurangan dari situs beriklan tertentu. Apa pertimbanganmu memilih situs untuk beriklan?

You Might Also Like

0 comments