Lebih kreatif dengan seni

Friday, March 04, 2011

Lebih kreatif dengan seni

Bukan diskusi tentang apa itu seni, atau apa itu kreatif, yang menarik bagi Saya. Tapi, games team building yang baru, dan kawan-kawan baru.

Dua hal baru itu saya dapat dari Workshop "Kreativitas Berbasis Seni" yang dihelat oleh Yayasan Bagong Kussudiarja. Pelaksaannya di Padepokan Seni Bagong Kussudiarja (PSBK), selama hari Senin sampai Kamis (21-24 Februari 2011). Peserta workshop ini adalah kawan-kawan jurnalis yang bekerja di Daerah Istimewa Yogyakarta.

[caption id="" align="alignnone" width="500" caption="Foto dari Bambang M.B.K."][/caption]

Berkat workshop tersebut, saya sejumlah kenalan baru. Ada 10 orang artis, yang bertugas sebagai fasilitator. Mereka adalah Fred, Aii, Zuli,  Ank, Feri, Atut, Hafez, Ricky, Tita, Sigit, dan Anik. Mereka artis dengan keahlian yang beragam, tidak hanya seni pertunjukan. Lalu, seorang pengurus rumah tangga PSBK, yaitu Heri. Saya juga dapat kawan-kawan baru dari kalangan jurnalis.



Saya bersyukur bisa ikut workshop itu. Ada dua poin manfaat.

Pertama, dengan memanfaatkan material yang terbatas, atau mungkin hanya fisiknya saja, peserta diajak untuk berkomunikasi. Ini sangat membantu merangsang kreatifitas.

Kedua, peserta dirangsang untuk tetap tenang, dan selalu waspada dalam berbagai kondisi. Pelatihan seperti ini penting bagi jurnalis yang biasa berada dalam kondisi tekanan tinggi. Agar hasil kerjanya tetap terkendali. Ini perlu sering dilatih.

Demikian. Terima kasih sebelum, selama, dan setelahnya untuk YBK, Heri, kawan-kawan artis, dan peserta.

You Might Also Like

0 comments