Panduan lengkap Android Indonesia di belajardroid.com

Thursday, July 19, 2012


Perkembangan sistem operasi Android yang diperkenalkan oleh raksasa mesin pencari "Google" sangat pesat. Baik perkembangan versi dari sistem operasi Android itu, maupun perkembangan aplikasi dan perangkat keras, atau gadget, yang memakai sistem operasinya.

Versi termutakhir dari sistem operasi Android itu adalah Jelly Bean, yang diperkenalkan oleh Google pada Juni 2012, dalam besutan perangkat keras tablet Google Nexus 7. Jelly Bean adalah versi ke 9 Android. Perangkat keras pertama yang memakai  Android generasi pertama adalah handphone HTC Dream, yang dirilis pada tahun 2008.

Nah, kalimat terakhir di atas, saya ketahui dari laman belajardroid.com. Saya baru mulai melirik sistem operasi Android pada pertengahan tahun 2012 ini. Berangkat dari kekecewaan pada handphone yang saya miliki sekarang, dan racun dari kawan-kawan yang sudah pakai berbagai perangkat Android.
Berselancar ke berbagai website, saya dapati, "pesat" yang saya sebut di awal, sungguh layak dilekati "sangat". Perkembangan aplikasi berplaftorm Android, sudah menembus angka 400 ribu pada awal tahun ini. Lalu perangkat kerasnya, di Indonesia saja, pemakai Android pada akhir 2011 ada sekitar 170 ribu, kini mencapai 2,5 juta. Demikian kata Gideon Edi Purnomo, salah seorang pejabat di jajaran manajemen Telkomsel, pada Juni lalu di Jakarta.

Bagi orang dengan bujet sangat terbatas seperti saya, diperlukan panduan Android yang ringkas dan mudah dimengerti. Apalagi, pilihan perangkat dan harganya makin bervariasi. Tidak mungkin saya asal beli suatu perangkat, untuk kemudian kecewa, lalu terpaksa harus beli yang lain. Sementara itu, smartphone yang saya pakai kini, rasanya sudah minta diganti, karena kerap hang. Belajardroid.com termasuk yang secara berkala saya kunjungi, karena bisa jadi panduan Android Indonesia yang lengkap.

Web berbasis blog, alias pengunjung bisa meninggalkan jejak komentar beserta alamat blognya, itu, juga melek media sosial. Belajardroid memakai akun twitter @belajardroid, dan pages di facebook yang bisa kita "like" di www.facebook.com/belajardroid. Biasanya, ada pemberitahuan lewat akun media sosial itu, jika mereka pasang artikel terbaru.

Gaya penyampaiannya cukup ringkas, dengan bahasa yang mudah dimengerti, meski tidak ketat dalam mengikuti kaidah berbahasa. Sepertinya, belajardroid.com memang hendak menyasar kalangan awam. Minim sekali soal aspek yang bersifat teknis pemgrograman. Mungkin hanya pada artikel Langkah-langkah untuk Root Android Device saja yang paling agak bersifat teknis pemprograman.

Saya suka penampilannya yang segar, rapi, dan tidak melelahkan mata. Tidak kampungan, tidak norak, namun sekaligus tidak kaku. Mungkin "elegan" istilah yang tepat. Saya harap, jika nanti belajardroid.com sudah meraup banyak iklan, tetap bisa mempertahankan kerapiannya.

Jika mencermati struktur kategori menunya, rupanya lengkap semua aspek Android dapat diulas dalam belajardroid.com, aplikasi dan perangkat yang memakainya. Namun, dari semua kategori menu ternyata masih ada sub menu yang kosong, yakni "Rekomendasi" yang berada di bawah menu "Reviews". Kekosongan pada menu itu saya lihat saat kunjungan per tanggal 18 Juli 2012.

Maklumi saja, belajardroid.com masih muda sekali, baru memasang sekitar 38 artikel. Eh tapi ternyata, meski muda, belajardroid.com sudah meraih penghargaan kompetisi Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2012 untuk kategori Bronze sesi ke 3, hebat.

Belajardroid.com juga bisa dibilang situs blog yang termasuk semi user-generated content, meski tidak berbasis web forum. Dicirikan dari pengunjung yang bisa turut terlibat, selain mengisi polling dan komentar, untuk turut menyumbang artikel. Penjelasannya, lihat pada menu "Contribute".

Nah, yang menjadi tanda tanya saya, adalah identitas dari belajardroid.com. Biasanya, yang pertama kali saya lihat untuk tahu identitas dari laman (website/ blog) adalah halaman about, alias tentang. Namun, tidak atau belum ada pada belajardroid.com itu, per kunjungan saya tanggal 18 Juli 2012. Nah, Sebagai penanda kemunculannya, kita tengok saja dari waktu pasang artikel pertamanya, yakni pada 20 April 2012, yang jatuh pada hari Jumat. Ada dua materi artikel yang dipasang pada hari Jumat itu. Pertama, berjudul "HTC Dream - Generasi pertama HP Android". Kedua, "Sejarah Sistem Operasi Android".

Kedua artikel tersebut ditulis oleh YANHR. Jika klik nama penulis itu, maka pengunjung akan dibawa pada halaman author-pages. Terisi penjelasan di bawah Yanhr, Haryanto adalah founder alias pendiri BelajarDroid, dan tawaran untuk bekerja sama. Orang lain yang berada pada kategori yang sama adalah SENDYYeah.

Jika dilihat dari usianya yang masih dua bulan, dengan kategori menu yang ditawarkannya, dan ajakan untuk pengunjung turut terlibat, saya kira belajardroid.com sangat potensial untuk berkembang menjadi lebih besar. Bisa jadi rujukan utama pemakai Android awam Indonesia. Dengan manajemen pengelolaannya yang baik, kenapa tidak.

You Might Also Like

2 comments

  1. Iseng browsing keyword "yanhr" akhirnya nyasar kesini. Ya ampuuun.... sedih banget inget2 belajardroid.
    Selain konsep, team dan perencanaan yang solid juga dibutuhkan supaya sukses. Otherwise...

    ReplyDelete