Rony Zakaria dan Encounters

Thursday, March 14, 2013

Rony Zakaria dan Encounters

Aku jumpa lagi dengan fotografer Rony Zakaria di Ratu Plaza, Jakarta, Selasa sore, 4 Desember 2012. Oscar Pardomuan Siagian menyusul kemudian. Oscar adalah kawan (juga) fotografer yang pada 2007 memperkenalkanku dengan Rony, di rumah sewanya "Mawar", di Sleman.

Terakhir kali jumpa dengan Rony di Yogyakarta, pada akhir 2010. Saat itu, dia tengah memotret situasi erupsi Gunung Merapi. Pertama kali pada Mei 2008, kami bersama mendaki Gunung Merapi, sampai puncak pada 4 Mei 2008. Sedikit banyak, aku belajar memotret dokumentasi dari Rony.

Aku mulai mendengar dari media sosial online, Rony akan membuat buku monografi foto pertamanya pada akhir 2012. Sampai kemudian dia membuka pemesanan untuk penjualan buku tersebut, aku pun turut memesan. Kupikir, cukup berharga untuk memiliki buku itu, sebagai bahan pelajaran. Kenapa? Karena aku sudah mengintip contoh model (alias dummy) buku yang dia juduli "Encounters" itu. Lebih dari lumayan!

Aku memintanya membawa dummy itu saat perjumpaan kami di Ratu Plaza. Pembacaanku, narasi foto-foto itu dijahit untuk menggambarkan suatu reaksi perlawanan. Foto-foto itu juga contoh untuk menunjukkan, karya-karya foto yang - terkadang dibilang - mengandalkan "keberuntungan" adalah ketika kesempatan berpadu dengan keahlian, yang berasal dari kerja keras. Kau bisa beruntung mendapat kesempatan, tapi jika tanpa keahlian, maka mubazir.
[caption width="500" align="alignnone"] Oscar Pardomuan Siagian, dan Rony Zakaria, Jakarta, 2013
Foto: Heru Lesmana Syafei[/caption]

Bagiku, membaca Encounters itu berarti kesempatan untuk belajar, agar tak menyia-nyiakan kesempatan, dengan terus mengasah keahlian. Terutama, belajar menjahit foto-foto hingga bercerita.

Berikut aku kutip keterangan tentang buku itu dari laman pages facebook Encounters:
The only constant in life is change. Through time one's life changes, a city develops, a journey continues or ends. In the last six years I lived in and out of Jakarta, I collect snapshots as I became part of the big city, and also when I travel, unattached from the system temporarily. It is a continuing voyage of witnessing dreams and hopes, which sometimes one step darker, and the other time, lighter. As like looking through a glass window, all seems absurd and yet real as reality. And we differently kept collecting questions that seeks for answers, the ones that is right for each of us, so we can keep on living through these encounters.
[caption width="331" align="alignnone"] Rony Zakaria dan (dummy) Encounters, Jakarta, 2013
Foto: Heru Lesmana Syafei[/caption]

Pameran Foto & Launching Buku Encounters akan dihelat di Galeri Cipta 3, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, pada 15 sampai 25 Maret 2013. Aku akan melewatkan hari pembukaan, tapi kuharap bisa hadir pada diskusinya, pada Sabtu, 23 Maret 2013. 15.00 WIB. Pembicara diskusi ada Erik Prasetya (Senior Photographer), dan Rony Zakaria (Photographer), dengan Lasti Kurnia sebagai moderator.

Kesempatan gratis untuk belajar, bagi siapa saja yang ingin masuk ke dunia foto dokumenter, juga untuk memberi gizi pada mata kita.

You Might Also Like

1 comments

  1. aku juga bangga bisa kenal dengan HeruLS
    kapan ya bisa liat karyanya dipajang di dinding pameran :D

    ReplyDelete