Tips Blogging Secara Konsisten

Tuesday, December 02, 2014

Komunitas Blogger Jogja
Komunitas Blogger Jogja, 2012
Kunci sukses sebuah blog adalah konsistensi (Lho, bagaimana dengan kualitas konten? Itu nanti dulu yah, kali ini kita bicara tentang konsistensi saja dulu). Namun, hidup tidak dapat selalu ditebak, apalagi seperti yang kita inginkan. Sering muncul hal-hal yang mencegah Anda dari blogging. Dengan tips ini, akan membantu agar konsisten blogging secara terjadwal.

Aku menulis tips ini bukannya sendiri sudah konsisten. Aku bahkan belum mempraktekkan satu pun tips blogging secara konsisten ini. Jadi ceritanya, tips ini adalah terjemahan dari artikel di Dukeo[dot]com, sebuah blog yang banyak berbagi tentang bagaimana mencari uang di dunia online, dengan judul 4 Tips for Consistent Blogging. Ini juga sebagai penyemangat diri, semoga aku bisa lancar mempraktekkannya.

Buat Daftar Topik: Menentukan topik mungkin menjadi salah satu hambatan untuk blogging secara teratur. Dengan menulis sebuah daftar topik yang akan Anda tulis, Anda akan tahu persis pada topik yang harus segera dimulai segera setelah Anda duduk untuk memulai posting blog berikutnya. Selain itu, dengan punya daftar topik, akan mudah untuk melihat topik yang sudah dibahas untuk menghindari duplikat konten, atau beberapa posting pada topik yang sama.

Siapkan Materi Naskah Tersimpan: Fakta bahwa di masa depan mungkin saja segala sesuatu sedikit tidak terkendali, ketika ini terjadi, waktu Anda untuk blog jadi terganggu. Dengan membuat materi naskah penyangga, Anda dapat memindahkannya menjadi posting baru sewaktu-waktu dengan cepat.

Gunakan Waktu Luang dengan Bijak: Tentukan jadwal tertentu setiap minggu untuk Anda akan menghabiskan waktu untuk blog. Kemudian, jika kemudian ada waktu-waktu luang yang di luar gunakanlah juga untuk menulis blog, namun disimpan saja. Sehingga anda punya materi naskah tersimpan. Lebihkan juga jumlah materi naskah untuk disimpan, jika masih ada waktu tersisa selama dalam jadwal yang ditentukan. Jika Anda menggunakan semua waktu luang untuk menulis blog, Anda akan punya banyak Materi Naskah Tersimpan, yang memungkinkan Anda untuk mengambil liburan panjang di waktu luang Anda.

Sebuah Kebiasaan: Setelah menulis blog menjadi kebiasaan, Anda akan menjadi seorang blogger yang lebih efisien. Mulailah dengan menyisihkan sejumlah waktu tertentu setiap minggu untuk bekerja di blog Anda. Ketika Anda duduk untuk menulis di tempat yang sama pada waktu yang sama secara teratur, Anda akan blogging secara autopilot.

Jika Anda ingin merawat sebuah blog, namun memiliki sedikit waktu atau bakat untuk menulis, Anda dapat menyewa pengarang. Caranya sederhana, berikan daftar topik kepada pengarang, atau bisa meminta pengarang langsung membuat sehingga Anda hanya perlu menyetujui atau tidak. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan dapat mempekerjakan seseorang yang tidak hanya akan menulis, tetapi juga mendaftarkan tulisannya ke blog Anda.

You Might Also Like

2 comments

  1. Aku ngak konsisten, suka galau kalo lagi mau ngblog hehehehe

    ReplyDelete
  2. waahhh keren kakak mari berjuang galau konsisten kak cumiyy juga heheh pizzzz

    ReplyDelete