Komunitas Ciliwung Hulu mendahului Fatwa Pengelolaan Sampah MUI

Monday, February 02, 2015

 Talk Show MUI TV bersama Komunitas Ciliwung Puncak
Talk Show MUI TV bersama Komunitas Ciliwung Puncak
Komunitas Peduli Sungai Ciliwung Hulu, atau komunitas Ciliwung yang berada di Puncak Bogor, berbagai komunitas peduli lingkungan, dan pecinta alam lainnya tanpa memandang agama tertentu, telah yang berjuang mengelola sampah. Belakangan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) baru menetapkan Fatwa Nomor 47 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah Untuk Mencegah Kerusakan Lingkungan pada 7 November 2014.

Apa yang sudah dilakukan oleh berbagai komunitas dan apa yang belakangan baru ditetapkan oleh MUI berada pada wilayah yang berbeda, sehingga tak layak dibandingkan, cukuplah diketahui posisinya masing-masing. Yang pertama, sekumpulan manusia tanpa dasar agama tertentu telah melakukan pengelolaan sampah, yang kedua, sekumpulan manusia dengan dasar agama Islam, memutuskan ketentuan hukum untuk umatnya yang seagamanya.

Ketentuan hukum menurut fatwa MUI itu ada empat, yakni:
1. Setiap muslim wajib menjaga kebersihan lingkungan, memanfaatkan barang-barang gunaan untuk kemaslahatan serta menghindarkan diri dari berbagai penyakit serta perbuatan tabdzir dan israf.
2. Membuang sampah sembarangan dan/atau membuang barang yang masih bisa dimanfaatkan untuk kepentingan diri maupun orang lain hukumnya haram.
3. Pemerintah dan Pengusaha wajib mengelola sampah guna menghindari kemudharatan bagi makhluk hidup.
4. Mendaur ulang sampah menjadi barang yang berguna bagi peningkatan kesejahteraan umat hukumnya wajib kifayah.
Sebelum fatwa tersebut terbit, pihak MUI beberapa kali berdiskusi dengan Komunitas Ciliwung Hulu, yang berlokasi di Puncak Bogor, persisnya di Rungkun Awi, Cisampay, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor.

Setelah fatwa ditetapkan, masalah berikutnya adalah sosialisasi. MUI melalui Ketua Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam MUI, Dr. Ir. H. Hayu S. Prabowo menggandeng Komunitas Ciliwung Hulu, yang diwakili Tedja Kusuma, untuk turut mengisi Talk Show yang membahas fatwa tersebut.
Berikut video Behind The Scene Talk Show itu, yang direkam di kantor MUI, Jalan Proklamasi, No. 51, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 29 Januari 2015. Aku tidak tahu kapan dan di mana Talk Show itu ditayangkan secara penuh.

You Might Also Like

0 comments