Toko Kopi di Jakarta Barat

Friday, June 19, 2015

Heru Lesmana Syafei
Salah satu sudut Owl House Coffee
"Yes We're Open" demikian aksara yang tertera (hadeh) di poster yang terpasang di akun Instagram Owl House Coffee hari Rabu 10 Juni lalu. Aku lihatnya pada harinya sewaktu masih di kantor siang hari, lalu segera meniatkan dalam hati untuk berkunjung sepulang kantor nanti.

Kata agamaku, baru niat saja kita sudah dapat pahala, apalagi nanti kalau sudah di lokasi, dapat kopinya kita.

Biasanya keluar kantor seusai azan Isya, hari itu aku keluar persis jam 5. Segera menuju shelter Transjakarta Dukuh Atas, dan seterusnya ... sampai akhirnya aku tiba dengan selamat, utuh, tanpa kurang suatu apa pun di Owl House Coffee 2,5 jam kemudian.

Heru Lesmana Syafei
Butuh colokan wak? Adaaa
Owl House Coffee ini beralamat di Jalan Pos Pengumben Nomor 5, di pertigaannya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Silakan mengira-ngira sendiri bagaimana kemacetan yang harus kulalui. Well, sebenarnya bisa setengah jam lebih cepat seandainya aku nggak salah turun Transjakarta.  

Ucapan salam menurut agamaku dari empunya, yang pernah aku jumpai sebelumnya di kantor Serikat Petani Indonesia pada suatu acara Coffee Tasting biji asal Bengkulu, yang membuatku yakin bahwa aku telah sampai di tempatnya. Lha, karena dari luar kulihat kursi-kursinya masih terbalik di atas meja.

Rupanya itu hari pertama mereka dan belum banyak pengunjung. Bersyukur, jadi bisa tanya-tanya cerita kopi mereka, dan bisa sedikit dapat wawasan teknik baru.

Wah, nggak kebayang kalau sudah banyak pengunjung, baristanya pasti sibuk sekali, sampai nggak bisa (/mau) cerita dari mana asal biji kopinya seperti barista di salah satu toko kopi di kawasan Blok M.

Waktu itu baru ada dua biji kopi yang aku coba, dua-duanya segar, diseduh pour over dengan Kono. Sweetness, bagian rasa yang paling kuincar dari kopi, tersaji baik di cairan kopi yang tidak kental dan tidak encer.
Heru Lesmana Syafei
Single Origin Specialty Coffee Pour Over with Kono
Andalan mereka adalah single origin dengan metode seduh macam-macam yang pour over. Kalian cobalah. Sampaikan ke baristanya, rasa kopi macam apa yang paling kalian inginkan, dan tunggu. Semoga sesuai harapan. Kalau aku sih Yes yah, nggak tahu deh kalau mas mas dan mbak mbak.

Kalau untuk Toko Kopi (Coffee Shop/ Kedai Kopi/ Warung Kopi) di Jakarta Barat, aku belum tahu lain deh. Ya harap maklum yak, baru juga dua setengah tahun di Jakarta.

You Might Also Like

0 comments