Juara Cabang Renang ASEAN Para Games ke 6

Tuesday, December 20, 2011

Juara Cabang Renang ASEAN Para Games ke 6

Bendera Thailand, "Thong Trairong", pertama kali berkibar di posisi tertinggi, pada hari pertama pertandingan cabang renang, di ajang ASEAN Para Games ke 6, Jumat (16/12/2011). Pada akhirnya, sang "Merah Putih" yang mendominasi perolehan medali secara keseluruhan, alias juara umum.

[caption id="" align="alignnone" width="500" caption="Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, menjabat erat peraih medali emas pertama pada cabang renang, Somyot Sitichai, asal Thailand, pada hari pertama pertandingan renang, Jumat (16/12/2011). Somyot meraih emas untuk nomor 400 meter gaya bebas putra S7."][/caption]

Pada hari Jumat itu, penyerahan medali pertama diawali untuk nomor 400 meter gaya bebas putra kelas S7. Emas diraih Somyot Sitichai (Thailand), Perak untuk Wongnonthaphum (Thailand), dan Perunggu diraih Kan Kan (Cambodia).
Sementara medali pertama yang diraih Indonesia, pada hari pertama, adalah untuk nomor 400 meter gaya bebas putra kelas S9. Ada dua medali yang diraih dalam nomor tersebut, Perak diraih Heri, dan Perunggu diraih Lamri.

Semua pertandingan cabang renang ASEAN Para Games ke 6 berlangsung di kolam renang Tirtomoyo Manahan, Surakarta, selama tanggal 16 sampai 19 Desember 2011. Cabang renang diikuti oleh Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Philippines, Singapore, Myanmar, Cambodia, dan Laos. Keseluruhan ada 114 emas yang dipertandingkan.

Saya bersama 7 orang teman-teman blogger lainnya mendapat kesempatan dari panitia ASEAN Para Games itu untuk menyaksikan semua pertandingan.

[caption id="" align="alignnone" width="500" caption="A start moment by women paralympic athletes, freestyle swimming race, in 6th ASEAN Para Games, Surakarta, 2011"][/caption]

Perolehan medali Indonesia adalah 35 emas, 22 perak, dan 18 perunggu. Menyusul Thailand, meraih 33 emas, 33 perak, dan 18 perunggu. Berikutnya Vietnam, meraih 22 emas, 20 perak dan 8 perunggu. Peringkat ke 4, Malaysia yang meraih 7 emas, 3 perak dan 3 perunggu. Peringkat ke 5, Filipina yang meraih 7 emas, 3 perak dan 1 perunggu. Peringkat ke 6, Singapura yang meraih 6 emas, 8 perak dan 6 perunggu. Peringkat ke 7, Myanmar yang meraih 4 emas, 5 perak, dan 2 perunggu. Peringkat ke 8, Cambodia yang meraih 1 perak dan 3 perunggu. Terakhir, pada peringkat ke 9 adalah Laos, yang meraih 1 perunggu.

You Might Also Like

3 comments

  1. Ya Allah, jujur saya iri sama mereka. Walaupun mereka seperti itu, tapi mereka jauh lebih hebat daripada saya

    ReplyDelete
  2. Ayoooo, masak kau kalah, hehehe...

    ReplyDelete