Dua sebelas di ASEAN Para Games ke 6

Monday, December 12, 2011

Dua sebelas di ASEAN Para Games ke 6

Ada dua sebelas dalam gelaran ASEAN Paragames ke 6, yang akan berlangsung di Solo selama tanggal 12 sampai 22 Desember 2011.

Pertama, ada sebelas negara yang akan bertanding. Yaitu, Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Timor Leste, Thailand, dan Vietnam.

[caption id="" align="alignnone" width="600" caption="Seorang atlet Para Games asal Indonesia, Doni, dalam sesi latihan di Stadion Manahan Solo, 8 Desember 2012."][/caption]

Kedua, ada sebelas cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Yaitu, Angkat Berat/ Besi, Atletik, Bulutangkis, Goal Ball, Panahan, Renang, Tenis Kursi Roda, Tenis Meja, Ten Pin Bowling, Voli Duduk, dan Catur.

Akan jadi pengalaman pertama yang menarik jika publik Indonesia (dan syukur-syukur pejabat) bisa menyaksikan semua cabang tersebut. Meyaksikan betapa semangat paralympian (sebutan untuk atlet paragames) saling berkompetisi.

Ada harapan, dengan menyaksikan pertandingan itu, muncul tidak hanya empati, tapi juga pengetahuan kepada publik mengenai bagaimana memperlakukan penyandang difabel. Para Games dapat jadi sarana sosialisasi yang sangat efektif untuk itu. Bisa juga jadi wahana untuk mengkritisi betapa kebijakan publik, fasilitas publik yang disediakan pemerintah, kurang bersahabat untuk penyandang difabel.

You Might Also Like

6 comments