Percakapan twitter

Wednesday, October 17, 2012

Sedikit orang--yang kukenal--mau membaca ketentuan pemakaian dari suatu jasa media online. Mereka asal pakai dengan pengetahuan minimal mengenai fitur, dan teknik pemakaian dengan tujuan tertentu. Belum lagi soal resiko-resiko tertentu. Ini pun berlaku untuk para pemakai twitter.

Kali ini aku mau berbagi tips bagaimana menyimak percakapan twitter. Tips ini berguna jika ingin tahu riwayat percakapan antar akun, sehingga akun-akun itu bisa sampai pada tahap percakapan tertentu. Percakapan dalam twitter, yang aku maksud di sini, adalah tweet yang mengandung mention akun lainnya.

Klik "View conversation" untuk melacak percakapan
Nah, twitter menyediakan fitur itu, namun kurang kuat. Beberapa twitter client lain juga menyediakan. Bagiku, walau aku belum coba semua client, yang paling kuat adalah hootsuite.
Aku masih belum tahu, pada periode percakapan (conversation) yang berlangsung seberapa lama, dan dalam jarak seberapa rapat, yang bisa ditampilkan oleh hootsuite. Tapi, menurutku percakapan antara sarjana kehutanan, dan sarjana peternakan dari kampus yang (dulu kerakyatan) sama ini sudah cukup panjang. Sampai di sini, aku sudah cukup terbantu oleh hootsuite.
Contoh percakapan yang cukup panjang antara Soekarno dan Putro, masih bisa ditampilkan oleh hootsuite
Di sini, aku juga mau bilang dampak akun twitter dengan pengaturan terbuka. Pemakai harus sadar, twitnya terpantau bebas, tanpa tahu siapa yang memantau. Tak seperti facebook yang menyediakan pengaturan siapa saja yang bisa menyimak status update.
Contoh hasil "view conversation" dari twitter

You Might Also Like

2 comments

  1. Kirain Hootsuite paling sama aja kayak yg lain, ternyata banyak gunanya ya?

    ReplyDelete
  2. mas, caranya bajak akun mbak2 cantik yang follow jogjakampus bisaa??? *mlayu*

    ReplyDelete